Headlines
Published On:Minggu, 07 Agustus 2011
Posted by Unknown

Tips Nikmat Makan Sahur

Masih seputar bulan puasa Ramadan, kali ini penulis ingin membagikan cara nikmat bersahur agar tetap sehat dan fit selama menjalankan ibadah puasa pada siang harinya hingga menjelang berbuka. Walaupun santap sahur itu sunah hukumnya, namun bila Anda jalankan dengan baik, maka puasa Anda akan optimal untuk kesehatan tubuh Anda.

AWALI DENGAN NIAT

Segala sesuatu yang baik harus selalu dimulai dengan niat yang baik, begitupun juga dengan ibadah puasa Ramadan ini. Niat berpuasa sebaiknya di bacakan segera setelah ibadah salat Tarawih sudah Anda laksanakan.

Percaya atau tidak niat yang Anda bacakan akan selalu disimpan dalam memori di otak Anda, sehingga Insya Allah pasti Anda akan terbangun untuk menjalankan santap sahur.

PERSIAPKAN MENU SAHUR ANDA

Menyiapkan menu sahur sebenarnya tidaklah sulit, tidak perlu menu makanan yang utu: pembuka. utama, dan penutup, melainkan menu sederhana yang 4 sehat 5 sempurna. Simpan menu santap sahur Anda di lemari es bila perlu tinggal panaskan ketika Anda ingin menyantapnya.

Seimbangkan menu santap sahur Anda sesuai dengan porsi makanan utama Anda. Jangan memilih makanan yang berat di protein atau lemak, karena kedua jenis nutrisi ini memerlukan energi yang cukup banyak untuk tubuh Anda untuk mencernanya, sehingga bisa membuat Anda merasa lemas di siang harinya ketika Anda berpuasa.

NYALAKAN WAKER

Bagi Anda yang tidak terbiasa bangun di pagi hari, weker bisa jadi alat yang wajib Anda miliki bila Anda ingin melakukan santap sahur. Setel weker Anda 1,5 sampai 2 jam menjelang imsak agar santap sahur Anda optimal. Jangan lupa menggosok gigi Anda sebelum tidur. Bila Anda tinggal di perumahan, manfaatkan momen warga untuk membangunkan sahur Anda.

Pastikan Anda tidur lebih awal, dengan asumsi waktu imsak jam setengah 5, maka Anda harus bangun pukul 3 pagi maka waktu tidur yang terbaik adalah pukul 8 sampai setengah 9 ketika Anda telah tuntas melaksanakan ibadah salat Tarawih.

BANGUN PAGI

Ketika Anda terbangun, ada baiknya Anda segera untuk mencuci muka dengan air dan mulailan mempersiapkan menu santapan sahur Anda.

KETIKA BERSANTAP SAHUR

Makanlah hidangan sahur Anda secukupnya, tidak perlu sampai terlalu kenyang karena hal ini akan merangsang Anda untuk terus mengantuk. Hindari minuman berikut ini: soda, kopi, minuman berenergi, dan minuman yang asam-asam.

Minumlah air putih, bila perlu ditambah segelas air susu atau teh manis untuk menambah energi pada saat Anda menjalankan puasa. Jangan minum air putih berlebihan karena ini akan merangsang Anda untuk terus berkemih ketika Anda selesai sahur dan sedang menjalankan ibadah salat subuh.

Hindari rokok ketika Anda selesai bersahur, karena hal ini akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, selain itu disarankan sekali ketika Anda selesai untuk segera mandi dan sikat gigi untuk menyiapkan diri untuk salat subuh.

Setelah ibadah salat subuh Anda tuntaskan, ada baiknya Anda untuk tidak tidur kembali melainkan mengisinya untuk membaca ayat-ayat Quran dan mempersiapkan diri Anda untuk menyambut kehidupan Anda di siang hari.

Sumber : http://www.medicalera.com/

About the Author

Posted by Unknown on 13.24. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Unknown on 13.24. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Tips Nikmat Makan Sahur"

Leave a reply

Video

teaser

Link Exchange

mediabar

Diberdayakan oleh Blogger.

Archives

Search This Blog

Cute

Area Game